7 Tips Cara Mencegah Plak Gigi

7 Tips Cara Mencegah Plak Gigi

Menjaga gigi bebas dari plak, tentu diperlukan beberapa tips. Senyum yang indah harus didukung oleh kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Salah satu tanda gigi yang sehat adalah pembebasan endapan plak. Plak gigi yang terbentuk pada gigi tanpa Anda menyadarinya. Jika dibiarkan, plak berpotensi mengancam kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

7 Tips Cara Mencegah Plak Gigi - Plak gigi yang menempel pada lapisan permukaan gigi dan terdiri dari berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri streptococcus mutans. Plak dapat terbentuk di atas garis gusi yang disebut supragingival. Plak juga dapat terbentuk di bawah garis gusi atau akar gigi, yang dikenal sebagai subgingival tersebut. Plak yang terbentuk pada gusi yang dikenal sebagai plak gingival.

Karena plak dapat terbentuk di mana saja di lapisan gigi dan gusi, penting untuk selalu membersihkannya. Bakteri plak yang juga berpotensi mengikis email gigi gigi, menyebabkan gigi berlubang. Plak yang terletak di bawah garis gusi dapat menyebabkan iritasi pada gusi yang dikenal sebagai gingivitis. Hal ini dapat menyebabkan gusi menyusut dan menghancurkan struktur gigi.

Berbagai makanan seperti gula, permen, dan makanan lengket yang membuat plak lebih buruk. Plak gigi dapat menyebabkan gigi dan masalah gusi dan bahkan kehilangan gigi jika Anda tidak berhati-hati.

Baca: Penyebab Dan Cara Memutihkan Gigi Kuning
Plak gigi dapat dicegah. Menyikat gigi secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah penumpukan plak. Menyikat gigi harus dilakukan setidaknya dua kali sehari. Pemeriksaan gigi rutin juga akan membantu mengurangi penumpukan karang gigi. Secara umum, makanan manis sebaiknya dihindari untuk mengurangi plak gigi. Selain itu, makan diet seimbang dan hindari merok0k, Berikut tipsnya:

7 Tips Cara Mencegah Plak Gigi


1. Sikat gigi Anda dua kali sehari secara teratur
Salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari penumpukan plak adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari - setelah bangun dan sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan setiap gigi di mulut Anda, terutama yang di belakang, pastikan untuk menyikat selama 30 detik penuh.

2. Jangan Lupa Untuk Sikat Gusi Anda
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang ketika menyikat adalah untuk berkonsentrasi pada satu-satunya gigi dan tidak memperhatikan gusi. Jika Anda ingin mencegah pembentukan plak, penting untuk membersihkan gusi juga. Dapatkan sikat gigi berbulu lembut dan menggunakannya untuk membersihkan gusi Anda. Sementara melakukan ini, cobalah untuk mengangkat bibir Anda dari gusi Anda, untuk memungkinkan akses sikat lebih baik.

3.Membersihkan gigi dengan benang
Membersihkan gigi dengan benang

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa menggunakan benang, ketika kita tidak hanya membersihkan gigi, tapi gusi dan lidah juga. Anda harus menyadari fakta bahwa tidak mungkin untuk kuas untuk mencapai setiap sudut dan sudut mulut, terutama daerah antara dua gigi. Hal ini membuat perlu bagi Anda untuk membersihkan gigi dengan benang secara teratur.

4. Hindari Makanan Snacks
Sejauh mungkin, cobalah untuk menjauh dari makanan ringan di antara waktu makan, karena gula didalamnya ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan plak. Sekitar 10-15 menit setelah Anda makan apa saja, bakteri yang paling aktif. Ketika Anda makan, Anda tidak repot-repot untuk makan air minum setelah itu, kesampingkanlah dulu untuk menyikat gigi, menyediakan lahan yang subur untuk pertumbuhan bakteri.

5. Minum Banyak Air
Sampai saat ini, Anda hanya menyadari fakta bahwa air minum membantu membawa cahaya ke kulit Anda dan juga membantu penurunan berat badan. Namun, bersiaplah untuk mengetahui bahwa hal itu juga dapat membantu Anda menghindari penumpukan plak, dengan mencuci bakteri dari mulut Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda minum banyak air setelah makan atau camilan

6. Makan makanan sehat.
Perbanyak buah dan sayuran dalam diet Anda. Jangan lupa untuk minum air yang cukup untuk kesehatan secara keseluruhan dan untuk membersihkan plak. Makanan ringan seperti kue dan permen untuk membantu mengembangkan plak yang dapat melemahkan enamel gigi.

7. Lakukan pemeriksaan gigi teratur.
Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi. Dokter gigi akan menilai kesehatan gigi dan merekomendasikan tindakan yang terbaik.

0 Response to "7 Tips Cara Mencegah Plak Gigi"

Poskan Komentar