Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk - Ada banyak tips untuk menghilangkan rasa kantuk. Secara umum, mengantuk merupakan sinyal dari otak yang menunjukkan bahwa tubuh perlu beristirahat. Kantuk pada saat dan setelah jam makan siang mempengaruhi kinerja mereka. Kantuk dan kelelahan dapat mempengaruhi kualitas hidup, keamanan, dan produktivitas. Kantuk di siang hari dapat mengungkapkan kondisi kesehatan tertentu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Apakah kopi adalah satu-satunya solusi untuk menghilangkan rasa kantuk di tempat kerja? Sepertinya tidak. Bagi mereka yang tidak suka kopi, atau tidak bisa mendapatkan secangkir kopi untuk tetap terjaga, lakukan cara mudah dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara segar 20 menit. Tindakan ini memiliki efek yang sama dengan minum secangkir kopi.

Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda harus menyadari efek sampingnya, mulai dari memotong waktu tidur Anda, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.

Penyebab Kantuk
Beberapa penyebab kantuk yang berlebihan seperti:

1. Kurang tidur
Masalah utama yang menyebabkan orang mengantuk adalah kurang tidur, baik karena banyak pekerjaan atau karena alasan lain. Stres juga dapat menyebabkan kesulitan orang tidur di malam hari dan mengantuk di siang hari, serta berbagai masalah kesehatan seperti sering buang air kecil, refluks asam lambung dan nyeri dada.

2. Kebiasaan tidur sembarangan
Manusia memiliki siklus yang mengatur kapan harus merasa mengantuk dan kapan harus terjaga. Siklus ini bisa terganggu oleh kebiasaan tidur sembarangan atau tidak direncanakan, baik waktu, tempat dan suasana. Contoh tertidur saat menonton TV atau sambil berbaring di sofa.

3. Sleep apnea (mendengkur)
Jika Anda perlu tidur selama 7-8 jam dalam sehari terpenuhi tapi masih merasa mengantuk, maka kemungkinan besar tidak tidur yang berkualitas. Kualitas tidur dapat dikurangi karena mendengkur, saluran pernapasan selama tidur tubuh tidak menerima suplai oksigen yang cukup.

4. Efek samping dari obat-obatan
Beberapa jenis obat seperti alergi dan antidepresan memiliki efek samping mengantuk, sehingga tidak direkomendasikan untuk diambil saat mengemudi kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Tetapi jika rasa kantuk mengganggu aktivitas lainnya, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diganti dengan obat lain.

5. Bekerja pada shift malam
Sepulang dari bekerja pada shift malam, biasanya tidur di siang hari. Bahkan jika waktu tidur yang ditotal jumlah yang cukup, kadang-kadang orang masih mengantuk. Hal ini disebabkan oleh terganggunya jam biologis, terutama jika perubahan shif  terlalu sering antara siang dan malam

6. narkolepsi
Penyakit ini jarang terjadi yang menyebabkan penderitanya tiba-tiba merasa lelah, kadang disertai kelumpuhan otot tiba-tiba. Penderita juga bisa tiba-tiba pingsan saat berjalan atau saat mengalami lonjakan emosi yang luar biasa, seperti tertawa atau menangis. Meski cukup ekstrem, narcolepsy bisa disembuhkan dengan obat-obatan.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk


Cukup Tidur
Ini adalah penyebab utama mengapa Anda merasa mengantuk, bahkan bisa dibilang sangat mengantuk. Cobalah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakan untuk tidur pada pukul 9 malam, karena waktu adalah waktu yang paling optimal untuk tidur. Selain dapat membuat Anda kehilangan rasa kantuk Anda, cukup tidur menurut penelitian juga dapat menghilangkan penyakit lain seperti stres, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Minum kopi atau teh
Teh atau kopi terbukti untuk menghilangkan rasa kantuk karena mengandung kafein yang dapat merangsang otak Anda segar. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena kopi terlalu banyak mungkin memiliki implikasi untuk berbagai penyakit lain, terutama perut.

Minum segelas air
Hal ini dapat membuat Anda segar kembali karena cairan dalam tubuh Anda kembali normal. Cobalah untuk minum 8 gelas air putih sehari.

Cuci wajah Anda
Ini juga salah satu cara yang paling efektif. Agar lebih efektif, cobalah untuk mencuci muka dengan air dingin.

Bernafas dalam-dalam
Menurut penelitian, ketika Anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak Anda sedang menurun. Sejak menguap juga merupakan salah satu karakteristik Anda mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah bernapas dalam-dalam untuk berdiri selama sekitar 5 detik dan kemudian buang napas selama 5 detik, lakukan ini beberapa kali sampai hal itu membuat Anda merasa segar.

Istirahat sejenak
Ketika Anda bekerja atau belajar, cobalah untuk beristirahat. Cara terbaik untuk bersantai adalah dengan melakukan senam latihan pemanasan seperti peregangan lengan, kaki, pinggang, atau menggelengkan kepala.

Jauhkan kamar yang terang
Ketika Anda bekerja pada ruangan terang, otak Anda akan merespon lebih baik dan membuat mata Anda tidak merasa mengantuk. Untuk itu, cobalah dekatkan meja kerja anda dengan sumber cahaya seperti jendela atau lampu.

Olahraga
Dengan berolahraga, Anda akan merasa lebih baik dan membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari. Tidak hanya itu, berbagai macam penyakit akan menjauh dari Anda.

Tidur
Tidur adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk Anda. Karena ketika Anda mengantuk berarti otak Anda memberitahu Anda untuk tidur.

3 Responses to "Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk"

  1. terimakasih atas tips yang bagus ini!!!

    BalasHapus
  2. Nice tips ^^ Kunjungi blog saya "http://www.t-fvn.tk"

    BalasHapus
  3. Ane rasa cara yang paling manjur ya cara yang terakhir gan: tidur. Hehehe...
    Modifikasi Motor

    BalasHapus