Cara Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Cara Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) - Kebanyakan orang hanya berkonsentrasi pada tingkat kolesterol LDL (jahat), tanpa memikirkan bagaimana meningkatkan kadar kolesterol HDL . HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena kandungan protein yang tinggi . HDL bertanggung jawab untuk membawa kelebihan kolesterol yang dibawa oleh LDL kembali ke hati untuk diproses dan menurunkan kadar kolesterol . Dengan begitu , HDL memainkan peran utama dalam mencegah perlekatan lemak dan kolesterol jahat dalam dinding pembuluh darah . Tingkat HDL Minimal dibutuhkan tubuh adalah 60mg/dL ( desiliter ) .

HDL ( High Density Lipoprotein ) adalah high-density lipoprotein kolesterol , sehingga lebih berat daripada kolesterol lainnya . Berbeda dengan LDL yang dapat menempel pada pembuluh darah dan menyebabkan plak , maka HDL tidak begitu . Kolesterol baik ( HDL ) dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung , karena kolesterol baik ( HDL ) dapat menurunkan kadar LDL dalam darah dengan membawa LDL ke hati untuk daur ulang. Selain itu HDL juga dapat menjaga kondisi pembuluh darah untuk membersihkan lapisan dalam dinding pembuluh darah sehingga tidak membentuk plak . Kehadiran plak pada dinding pembuluh darah dapat menyebabkan aterosklerosis dan menyebabkan serangan jantung dan stroke .

Tingkat HDL yang direkomendasikan adalah lebih dari 60mg/dl , sedangkan kadar HDL kurang dari 40 mg / dL rendah tidak baik untuk kesehatan . Berdasarkan dari berbagai sumber , Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL .

5 Tips Untuk Meningkatkan Koleseterol Baik

Latihan aerobik . Cahaya untuk latihan aerobik berat dapat meningkatkan HDL dari 5 % sampai 10 % . Harvard University peneliti disarankan untuk melakukan latihan aerobik ( jalan cepat, lari , bersepeda, berenang , dll) lima kali seminggu , masing-masing 30 menit .

Menurunkan berat badan . Apakah Anda tahu bahwa setiap penurunan berat badan 3 kg akan meningkatkan kadar HDL oleh 1mg/dL ? Apalagi jika Anda memilih untuk makan hanya makanan sehat , berat badan akan cepat turun , kadar kolesterol HDL akan meningkat .

Berhenti merokok . Jika Anda seorang perokok , maka berhenti . Karena jika Anda berhenti merokok kadar HDL dalam darah akan meningkat sebesar 15 % menjadi 20 % . Tentu saja, berhenti merokok tidak mudah . Anda dapat mencoba lebih dari satu strategi untuk berhenti merokok . Konsultasikan dengan dokter , dokter dapat memberikan masukan bagi misi Anda untuk berhenti merokok tercapai.

Memilih lemak yang baik dan diet yang sehat . Lemak adalah salah satu hal yang Anda ingin singkirkan , karena lemak bisa meningkatkan kolesterol jahat . Tapi tubuh membutuhkan lemak dan membuat Anda masih harus mengkonsumsi lemak . Lemak baik yang ada di Olive Oil , Canola , dan minyak ikan , dan kacang-kacangan dapat mereproduksi kadar kolesterol HDL dalam darah . Untuk diet yang sehat , pilihlah karbohidrat complex seperti nasi merah dan gandum dari beras putih atau makanan dari tepung-tepungan .

Perbanyak konsumsi makanan kaya serat . Makanan kaya serat ini dapat diperoleh dari sayur dan buah . Ada serat dalam makanan kita akan membuang kelebihan kolesterol dalam tinja dengan itu . Alpukat mengandung banyak lemak , tetapi lemak yang baik , sehingga tidak perlu dihindari .

0 Response to "Cara Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)"

Poskan Komentar