Cara Menurunkan Kolesterol Jahat ( LDL)

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat ( LDL) - Ada sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar Kolesterol LDL (Low Density Lipoproptein ) atau kolesterol jahat yang menyebabkan plak di pembuluh darah , dan meningkatkan High-Density Lipoprotein ( HDL ) , kolesterol baik yang bisa dimanfaatkan tubuh untuk mengolah vitamin yang larut dalam lemak .
Cara Menurunkan Kolesterol Jahat ( LDL)

Untuk menurunkan kadar LDL , Anda harus mengurangi asupan lemak jenuh . Lemak jenuh biasanya ditemukan di produk hewani seperti daging , susu , krim , mentega , dan keju . Ada juga lemak jenuh berasal dari minyak nabati seperti santan , minyak kelapa , dan lemak nabati . Tetapi banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol .

Berikut adalah makanan yang dapat menurunkan kolesterol buruk :

1.Kedelai
Kedelai dan turunannya , seperti kedelai yang diolah menjadi tahu, tempe , susu kedelai , dan tepung kedelai mengandung isoflavon , yaitu zat yang dapat mengurangi LDL .
Tapi ingat , meskipun tahu lezat dan tempe bisa tidak efektif menurunkan kolesterol bila diperlakukan sembarangan . Misalnya, digoreng dengan minyak goreng atau dicampur dengan santan . Karena , santan dan minyak goreng merupakan sumber lemak jenuh . Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat ( FDA ) menganjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 25 gram protein kedelai per hari untuk menurunkan kadar kolesterol .

2.Kacang-kacangan
Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi . Mengonsumsi serat larut bisa mengurangi kolesterol . Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti buncis , kacang merah , kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10 % .

3.Ikan salmon 
Salmon sangat baik karena mengandung Omega - 3 asam dapat membantu mengurangi LDL dan meningkatkan HDL dan trigiserilda . Salmon mengandung EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan jantung . The American Heart Association merekomendasikan setidaknya dua porsi per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal . Selain salmon , tuna , trout , sarden , makerel, dan hering juga baik .

4.Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan level HDL . Sayangnya , alpukat tinggi kalori , sehingga harus dikombinasikan dengan sayur-sayuran yang bisa menekan kalori .
Sebuah alpukat berukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak jenuh , sedangkan kebutuhan tubuh manusia normal adalah 1.800 kalori dan 30 gram lemak jenuh per hari .

5.Bawang putih
Sejak ribuan tahun lalu , bawang putih sudah dipercaya mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia . Mesir Kuno memakai bawang putih untuk meningkatkan stamina . Di zaman modern , bawang putih dipakai untuk menurunkan kolesterol , mencegah pembekuan darah , menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari infeksi . Temuan terbaru , bawang putih bisa mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah .

6.Bayam
Bayam mengandung banyak lutein . Lutein adalah zat penting yang bisa menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata . Lutein juga ternyata bisa menjaga kesehatan jantung karena bisa mencegah lemak membangun di pembuluh darah . Dianjurkan , memakan bayam setiap hari sekitar setengah mangkuk untuk hasil yang maksimal .

8.Mete, almond dan kenari
Lemak tak jenuh tunggal , di dalam kacang mede , almon , dan kenari adalah bahan makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan jantung .

9.Teh
Teh , akan diminum dingin atau panas , manfaat yang sama . Teh mengandung antioksidan yang bisa membuat pembuluh darah rileks sehingga terhindar dari pembekuan darah . Antioksidan dalam teh , yaitu flavonoid bisa mencegah oksidasi yang menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah . Menikmati segelas teh setiap hari bisa memenuhi kebutuhan antioksidan .

10.Coklat
Chocolate sehat . Tentu saja, cokelat yang dicampur dengan terlalu banyak susu mengandung terlalu banyak lemak . Jadi , pilihlah cokelat hitam atau pahit . Cokelat sehat karena mengandung banyak antioksidan dan flavonoid . Cokelat putih, tidak mengandung zat-zat yang dikonsumsi kurang sehat . Flavanoid isi cokelat bervariasi tergantung di mana cokelat tumbuh dan pengolahan .

Baca juga: Cara Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

0 Response to "Cara Menurunkan Kolesterol Jahat ( LDL)"

Poskan Komentar