Jenis Dan Manfaat Minyak Aroma Terapi

Jenis Dan Manfaat Minyak Aroma Terapi - Aromaterapi adalah salah satu metode tertua penyembuhan holistik yang dimaksudkan untuk mengembalikan tubuh, pikiran dan perasaan dengan menggunakan aroma atau parfum . Cookies seperti aroma roti yang baru dipanggang dan akan mempublikasikan kelaparan atau aroma mawar dan melati yang akan meningkatkan semangat , maka aroma tertentu dapat mempengaruhi tubuh dan perasaan menjadi lebih hidup , segar atau menenangkan .
Jenis Dan Manfaat Minyak Aroma Terapi

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang minyak aromaterapi simak artikel Situs Online berikut:

Tentang Aromaterapi
Aromaterapi adalah ilmu menggunakan manfaat kesehatan alternatif fisiologi dan psikologi ekstrak tumbuhan untuk berbagai masalah kesehatan . Minyak esensial dari tanaman ini digunakan melalui indera penciuman untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti stres , insomnia , dll .
Hal yang perlu diingat adalah tidak semua parfum atau parfum memiliki manfaat aromaterapi . Minyak esensial hanya alami yang berasal dari tumbuhan dan tidak mengandung bahan kimia sintetis yang dapat dimanfaatkan aromaterapinya , bila digunakan dengan cara yang tepat dan aman . Kemampuan minyak esensial terapi adalah persis apa yang di jantung aromaterapi .
Minyak esensial digunakan sebagai konsentrat yang mengandung aromaterapi yang tinggi dan tidak boleh digunakan langsung pada kulit tanpa menipiskan terlebih dahulu . Berbagai minyak esensial yang berbeda juga dapat dicampur bersama-sama untuk mendapatkan sinergi aromaterapi .

Bagaimana cara kerja aromaterapi ?
Aroma atau bau memiliki kekuatan untuk mengubah emosi dan menenangkan tubuh . Minyak aromaterapi dapat diatasi selain gangguan fisik juga dapat meningkatkan kondisi pikiran . Jadi aromaterapi yang dapat mempengaruhi emosi dan perilaku .
Aroma yang ada akan dihirup melalui lapisan rambut halus yang ditemukan di hidung , dan kemudian masukkan bagian dari otak yang disebut sistem limbik . Sistem limbik ini berguna untuk mengendalikan perasaan , emosi dan memori juga melepaskan endorfin dan neurotransmiter ke dalam tubuh . Ketika otak bereaksi terhadap kekuatan positif dari aroma , dapat memperbaiki kondisi emosional kenangan yang menyenangkan dan membawa kembali , menyebabkan relaksasi & energi koleksi .
Scent akan merangsang ketenangan . Bau yang tercium memiliki efek yang berhubungan dengan perasaan dan emosi . Karena itu, ketika seseorang kehilangan daya penciuman , dapat mempengaruhi perasaan seseorang dan memicu kecemasan dan depresi .
Seorang ahli kimia Perancis Rene Maurice Gerbang yang Fosse telah menemukan sifat penyembuhan minyak esensial pada tahun 1920 . Tapi jauh sebelum itu, Mesir juga telah mengambil keuntungan dari kemampuan minyak esensial untuk penyembuhan , kosmetik dan pembalseman mayat .

Jenis aromaterapi
Minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi dapat digunakan untuk meremajakan tubuh , atau untuk mempercantik tubuh . Dalam aromaterapi , efek langsung dari minyak esensial tanaman dimanfaatkan dan ini menimbulkan manfaat farmakologis .
Ada 3 menggunakan utama aromaterapi . Hal ini karena tidak semua aromaterapi harus digunakan secara topikal langsung ke kulit . Ada beberapa minyak aromaterapi yang berguna hanya ketika dihirup dan ada juga harus diterapkan pada kulit . Berikut adalah jenis-jenis aromaterapi :

Aromaterapi hanya menggunakan aroma atau indera penciuman
Dalam metode aromaterpai ini , minyak esensial dirasakan melalui indera penciuman untuk menghasilkan manfaat terapeutik . Hal ini dilakukan menghirup minyak esensial secara langsung maupun tidak langsung . Aromaterapi adalah menguntungkan karena otak dikondisikan untuk berbagai kenangan bau pernah mencium . Hal ini digunakan untuk sinkronisasi dan mengatur kekuatan alami tubuh untuk membentuk keseimbangan dan ketenangan .

Aromaterapi Kosmetik
Minyak atsiri digunakan pada tubuh sebagai pelembab , pembersih dan perawatan rambut dan kulit produk yang termasuk dalam kategori ini . Industri kosmetik saat ini menggunakan manfaat aromaterapi untuk merevitalisasi dan meremajakan tubuh di samping manfaat dari pembersihan , menyegarkan dan melembabkan minyak esensial terhadap berbagai jenis rambut dan kulit .

Aromaterapi diterapkan
Minyak atsiri dapat diserap ke dalam kulit melalui pijat atau diterapkan . Hal ini bisa mengakibatkan efek penyembuhan holistik ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah . Beberapa minyak esensial alami ini juga memiliki manfaat antiseptik alami . Bila digabungkan dengan pijat , maka dapat memberikan efek detoksifikasi alami tubuh .

Manfaat Aromaterapi
Aromaterapi memiliki beberapa keuntungan karena memainkan peran penting dalam proses peremajaan , mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit . Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari aromaterapi :

  1. Menghasilkan relaksasi dan menghilangkan stres
  2. Menstabilkan dan menyeimbangkan mood
  3. Meredakan rasa sakit
  4. meningkatkan daya tahan tubuh
  5. Membantu meningkatkan fungsi pernafasan
  6. Membantu meningkatkan kesehatan kulit dan juga memiliki efek antibakteri , antivirus dan antijamur
  7. Membantu mengatur hormon dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi
  8. Berguna untuk meredakan sakit kepala ketegangan dan juga memiliki manfaat anti - inflamasi
  9. Minyak esensial juga digunakan untuk mengatasi masalah gangguan tidur , kecemasan , depresi dan membantu mengendurkan otot-otot
  10. Membantu meningkatkan masalah pencernaan dan juga dapat berguna dalam manajemen berat badan


Aromaterapi apakah aman?
Ada masalah keamanan aromaterapi karena dapat memiliki efek toksik pada kulit dan efek samping lainnya bila digunakan murni atau dengan kombinasi yang salah .
Berikut adalah beberapa masalah yang telah dilaporkan pada penggunaan aromaterapi :

  1. Ada beberapa reaksi fototoksik untuk minyak jeruk seperti jeruk nipis dan lemon limo .
  2. Minyak lavender dan minyak teh telah dilaporkan menyebabkan ginekomastia pada remaja pra - pubertas . Ahli endokrin anak di University of Cambridge mengatakan bahwa kedua minyak ini memiliki sifat estrogenik alami .
  3. Minyak atsiri dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan menyebabkan reaksi parah terhadap tubuh jika tidak digunakan dengan cara yang tepat .
  4. Minyak aromaterapi tidak boleh digunakan dalam produk makanan karena dapat berbahaya jika tertelan . Misalnya, minyak kayu putih telah dilaporkan menyebabkan gejala klinis yang parah dan toksisitas bila dikonsumsi .
  5. Beberapa minyak esensial juga harus dihindari penggunaan khusus bila Anda menggunakan obat tertentu karena dapat menyebabkan efek kumulatif . Sebagai contoh, penggunaan topikal manis birch dan wintergreen minyak dapat menyebabkan gangguan perdarahan bila digunakan bersama dengan pengencer darah seperti warfarin . Hal ini karena kedua minyak esensial yang mengandung metil salisilat .
  6. Bagi wanita hamil dan menyusui juga harus menghindari penggunaan aromaterapi .


Jenis Minyak aromaterapi
Ada lebih dari 150 jenis minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi , di mana masing-masing minyak esensial memiliki sekitar 100 komponen yang dapat menyebabkan efek penyembuhan holistik . Berikut adalah beberapa jenis Minya aromaterapi yang sering digunakan :

Bunga minyak lavender ( Lavandula Angustifolia )
Minyak lavender merupakan salah satu minyak esensial yang dapat digunakan murni di muka dan tidak menimbulkan efek samping . Minyak lavender telah digunakan selama berabad-abad untuk menghilangkan stres , ketegangan , melemaskan otot-otot dan membuat tidur lebih nyenyak . Minyak lavender juga digunakan untuk memperbaiki perilaku dan emosi , seperti dalam keadaan panik , cemas, gelisah , depresi dll .
Tea tree oil ( kayu putih alternifolia )
Minyak pohon teh memiliki efek anti - bakteri , anti - virus , sifat anti - jamur dan antiseptik . Isi ini membuatnya berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh , mengatasi ketombe , jerawat dan masalah kulit lainnya . Ini juga memiliki manfaat bagi masalah sistem pernapasan , dan sirkulasi darah .

Minyak lemon ( Citrus limonum )
Jus lemon digunakan sebagai zat antiseptik . Minyak lemon juga dapat digunakan sebagai diuresis dan menurunkan tekanan darah tinggi . Jus lemon merupakan insektisida yang efektif , tetapi tidak boleh digunakan pada kulit sensitif karena dapat menyebabkan iritasi .

Minyak kayu putih ( Eucalyptus Bluegum )
Minyak kayu putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi flu , sinus , sakit kepala dan lendir produksi pada saluran pernapasan . Selain minyak kayu putih juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga , manajemen rasa sakit dan nyeri otot serta infeksi kulit . Tapi minyak kayu putih harus dihindari oleh orang-orang dengan tekanan darah tinggi dan epilepsi .

Minyak cendana ( Santalum album )
Sandalwood & afrodisiaka memiliki manfaat antidepresan . Manfaat lain adalah yang memiliki antiseptik , astringent dan anti - bakteri alam. Sandalwood juga membantu mengeluarkan dahak yang banyak digunakan untuk mengobati batuk . Selain cendana juga berguna untuk melembutkan kulit .

Sulit untuk membahas manfaat dari minyak aromaterapi memiliki semua diperlukan penelitian lebih lanjut yang intensif untuk menentukan manfaat dari minyak aromaterapi untuk tubuh . Aromaterapi diklaim untuk menyembuhkan berbagai penyakit dengan mayoritas dari mereka menunjukkan hasil positif dalam penelitian klinis . Namun, keberhasilan atau kemanjurannya perlu dibuktikan lebih lanjut melalui penelitian intensif , sehingga untuk waktu pengobatan dengan menggunakan aroma aromaterapi atau hanya digunakan sebagai tambahan dan bukan terapi utama .
Semoga bermanfaat,baca juga Tips Cara Diet Yang Aman Untuk Kesehatan

0 Response to "Jenis Dan Manfaat Minyak Aroma Terapi"

Poskan Komentar